Teacher

092a0a0b434a1b2f518514b01a0ab9a6Sejak kecil aku sangat ingin menjadi seorang guru, walau saat itu guru ku sendiri bilang bahwa profesinya sangat melelahkan dan jauh dari kata menyenangkan. Aku tetap ingin menjadi guru. Itulah mengapa aku memilih masuk ke universitas pendidikan.

Sebelum lulus, aku ditawari bekerja sebagai guru honor di suatu sekolah yayasan. Aku menerimanya karena jadwal mengajar yang sedikit sehingga aku tetap bisa mengerjakan skripsi tanpa takut kelelahan. Walau gaji yang kuterima tidak bisa dibilang besar. Tapi sekali lagi aku menyukai mengajar, aku suka anak-anak, aku suka mereka memanggilku ibu guru dan bertanya tentang apapun yang mereka ingin ketahui.

Hari pertama, kedua berjalan baik-baik saja. Tapi lama-kelamaan aku makin kesulitan untuk membuat anak-anak mau belajar dan memperhatikan pelajaran. Sebagian besar dari mereka selalu mengobrol, melamun, tidur dan hasil ulangan pun tidak bagus.

Hingga pada suatu hari saat mengajar, aku merasa sangat marah karena tidak bisa mengalihkan perhatian mereka. Aku keluar kelas tanpa sepatah kata, kemudian menangis di kantor guru.

Aku menangis, karena kesal pada diriku sendiri yang tidak bisa mengajar dengan baik, aku menangis karena aku tidak tahu harus bagaimana, aku menangis karena aku, berkata pada diriku sendiri. Aku akan menyerah, aku ingin berhenti saja, kenapa aku harus jadi guru?

Seorang siswa yang tengah melintas tidak sengaja melihatku menangis dan memanggil teman-temannya untuk minta maap, anak-anak ini, mereka ikut menangis juga dan berjanji tidak akan melakukan hal yang membuatku kesal lagi. Anak-anak yang manis, anak-anak yang sangat kusayangi.

Hari ini, aku menyadari sesuatu bahwa, sebesar apapun rasa sukaku untuk mengajar, murid-muridku ini, mereka tidak suka belajar.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s