Saudara

Di SMA, aku memiliki saudara yang beda umurnya sekitar dua tahun. Aku kelas 1 saat Ia kelas 3. Saudaraku itu adalah tipe umum yang disukai anak SMA. Pintar, good looking, anggota band, baik, ramah. Mungkin satu kata ini bisa mewakilkan semuanya  “keren”.

Yap, saudaraku yang keren.

Saudaraku ini hampir bisa melakukan apapun, kecuali mungkin memasak dan menyetrika. Suatu hari pernah aku membuatkan mie untuknya dan hampir gosong karena kekurangan air. Ia hanya dengan polosnya bertanya:

“Airnya gak kurang itu?”

“Yaa, kalau kurang tinggal ditambah lagi”

“Oooh wah gitu ya, hebat”

Padahal kalian tahu aku ini, sangat buruk dalam memasak.

Suatu pagi di sekolah. Saudaraku menyapa sekilas ketika kami berpapasan. Setelah Ia pergi, tidak berapa lama kemudian dua orang perempuan menghampiriku dan bertanya apakah aku benar saudaranya. Setelah puas memastikan mereka menyalamiku dan bilang “Salam kenal ya, selamat jalan, hati-hati” dengan senyum ceria dan berlalu.

Aku hanyalah saudaranya, tapi itu mungkin berdampak sesuatu apabila mereka memperlakukanku dengan baik. Sejenak aku mulai berpikir, apa jangan-jangan beberapa orang yang mendekat padaku adalah karena saudaraku itu. Apapun yang jelas, saudaraku yang populer membuatku menjadi sedikit populer juga.

Saudaraku yang bisa membuat orang-orang melihat padanya.

Suatu saat, aku ingin dunia melihatku juga. Memandangku sebagai diriku sendiri, memandang kepada apa yang telah kuhasilkan, apa yang telah ku upayakan, bukan karena apa yang telah ku punya.

Mungkin akan menyenangkan ketika mendengar orang-orang berkata bahwa mereka bersyukur karena aku telah dilahirkan ke dunia.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s