Home

Masa SMP mungkin adalah masa yang lumayan berat bagiku dan keluarga. Dulu ketika sesuatu terjadi di rumah, bisa dipastikan aku akan pergi untuk melarikan diri dan tidur di rumah temanku. Aku tidak punya keinginan pulang kalau saja Ibu tidak mencari dan menjemputku keesokan paginya. Saat itu, aku hanya berpikir bahwa pergi adalah keputusan yang tepat.

Home sweet home, wooden text on vintage board background with copy space

Suatu sore, Ayah dan Ibuku bertengkar lagi karena suatu permasalahan. Aku baru akan pergi saat mendapati Adikku duduk di sofa dan hanya diam. Aku melihatnya sekilas dan ternyata Adikku ini, meneteskan air mata di sebelah matanya, tapi tetap diam tanpa terisak sedikit pun. Hal yang aneh bagiku karena kukenal Ia adalah anak yang cengeng. Ketika sakit atau bertengkar dengan temannya, adikku ini akan menangis sangat keras. Tapi melihatnya duduk di sofa tanpa kekuatan apapun. Aku baru sadar bahwa, adikku tidak terlalu kecil untuk menyadari apa yang telah terjadi.

Aku mengurungkan niatku untuk pergi dan duduk di sampingnya. Aku hanya duduk tanpa bisa mengatakan atau berbuat apapun.

Aku menyadari satu hal bahwa rumah adalah tempat untuk kembali, bukan pergi. Kamu tidak bisa meninggalkan anggota keluargamu karena alasan apapun. Mereka adalah orang yang akan kau temui lagi karena mereka adalah keluargamu. Bahkan ketika salah satu harus pergi mereka akan tetap. Tidak akan hilang.

Rumah adalah tempat yang akan kau kunjungi lagi sejauh apapun melangkah karena rumah, adalah milikmu. Seperti apapun keadaannya akan lebih baik dari pada tidak memilikinya sama sekali.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s