Sepeda

Waktu aku duduk di sekolah dasar, di tempat lingkunganku bermain. Sepeda adalah termasuk benda yang jarang dimiliki oleh anak-anak. Saat itu, temanku punya sepeda baru yang kami semua sangat ingin mencoba menaikkinya. Aku ingat setiap pulang sekolah, buru-buru ikut mengantri dengan anak yang lain agar bisa kebagian naik sepeda.

Sepeda

Sepeda itu harganya lumayan mahal, jadi aku sama sekali tidak berani minta dibelikan. Tapi Ibu ternyata melihat aku setiap sore mengantri dan hampir tidak kebagian karena terlalu banyak yang mengantri. Aku mengantri paling akhir, karena sekolahku keluar lebih lama dari pada yang lain.

Sepulang Ayahku kerja, aku mendengar Ibuku berkata pada Ayah agar membelikanku sepeda.

Suatu hari, Ayah mengajakku ke toko sepeda dan membelikan satu untukku. Warna biru tua dan tidak terlalu tinggi, Ayah berulangkali bilang bahwa sepedaku lebih mahal dari punya temanku itu hanya saja ukurannya lebih kecil. Aku sungguh tidak begitu peduli harganya, karena yang penting, aku punya sepeda yang bisa aku naiki setiap waktu tanpa harus mengantri.

Ayah memodifikasi sepedanya agar nyaman untuk aku gunakan, tempat duduk sepeda Ia turunkan lagi karena khawatir aku akan kesulitan menaikinya. Ia juga memasangkan dua roda pembantu di ban belakang agar aku tidak jatuh.

Aku menaiki sepedaku dengan bangga berkeliling kompleks. Beberapa anak mengolok-olokku karena aku pakai sepeda yang ada roda pembantunya.

Aku baru akan pulang dan ingin Ayahku melepaskan roda pembantunya, tapi mengingat Ayah memasangkannya dengan begitu memikirkanku. Aku jadi tidak tega, untuk mengatakan padanya bahwa aku sebenarnya sudah lama, bisa naik sepeda.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s